Minggu, 13 Desember 2015

Mengenal istilah Adsense: RPM, CTR, CPC, dan lain sebagainya


bagi para blogger, adsense sudah tentu menjadi familiar bagi mereka. namun sekalipun familiar, istilah-istilah singkatan RPM, CTR, CPC, dll pada menu dan laporan di adsense.google.com belum tentu semua orang mengetahuinya. berikut adalah arti-artinya, sehingga semakin meningkatkan pendapatan anda.



RPM adalah Pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima. RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

Rumus:
RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Misalnya:

Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, RPM laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000 atau $6,00.
Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, RPM iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000 atau $4,00.
RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai saluran yang berbeda.




CTR singkatan dari Click-Through Rate (CTR). Istilah CTR digunakan untuk menghitung jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan iklan.

Misalnya:

Apabila iklan ditayangkan di sbuah webblog sebanyak 1500 kali dan mendapatkan klik 12 kali maka CTR-nya adalah

12/1500=0,008=0,8%.


CPC, CPC singkatan dari Cost Per Click. (Biaya Per Klik). Istilah CPC digunakan untuk menghitung biaya per klik. Biaya per klik ini ditentukan sendiri oleh pengiklan, dan CPC untuk setiap pengiklan berbeda-beda, ada yang bersedia membayar lebih daripada pengiklan lain, tergantung pada apa yang diiklankan.

Sumber:
https://support.google.com/adsense/answer/190515?hl=id
dan berbagai sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar